Sabtu, 10 Januari 2015

LE..OLEH..OLEH-OLEH......

Kemarin pernah ngebaca postingan "jangan biasakan meminta oleh-oleh", memang isi artikelnya ada betulnya yakni akan memberatkan orang yang bepergian ke luar kota atau keluar negeri yang dititipi oleh-oleh, karena mungkin harus bayar kelebihan bagasi yang ditentukan. Hmmm benar juga tapi.....saya akan membahas "oleh-oleh" dari pandangan saya saja ditambah artikel yang saya baca, menurut saya :
  1. Manusia pada dasarnya "MAHKLUK SOSIAL", artinya hidup berdampingan dan membutuhkan satu sama lain.
  2. Oleh-oleh merupakan pemberian, kalaupun saya mau memberi oleh-oleh atau dititipi oleh-oleh, mestikah saya menyanggupi semua ? sementara saya tahu kapasitas dana saya berapa ? Lebih baik saya akan terus terang berkata.
  3. Juga ketika saya memberi oleh-oleh, mestikan saya memberi teman, oleh-oleh sampai-sampai bisa buat persediaannya setahun ???  Kan tentu tidak, oleh-oleh secukupnya saja....
  4. Oleh-oleh merupakan buah tangan atau pemberian orang secara sukarela dan spontan. itu menurut definisi saya dan ini penguat kalimat saya..." 
 Sedekah artinya memberikan bantuan atau pertolongan berupa barang (harta) atau yang lain  tanpa mengharap imbalan dan hanya mengharapkan ridha Allah Swt.  Bersedekah dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, baik materi maupun yang bersifat non materi. Misalnya, berupa sumbangan pikiran, tenaga, atau perkataan berupa saran dan nasihat yang baik. Menurut para fuqaha (ahli fiqih) sedekah dalam pengertian di atas disebut È™adaqah at-tatawwu (sedekah secara spontan dan sukarela)( Sumber : Amirulloh Syarbini, The Miracle Of Ibadah, Penerbit Fajar Media, Bandung, 2011, hal.110)


Rasulullullah SAW bersabda: “Barang siapa yang sedekah sebiji kurma dari rejeki yang halal dan Allah hanya menerima dari yang baik, maka Allah menerimanya dengan tangan kanannya, kemudian mengembangkannya untuk pemiliknya, sebagaimana seorang dari kalian mengembangbiakkan anak kudanya, sampai satu suapan menjadi seperti gunung uhud,” (HR.Bukhari)

Kenapa mempersoalkan yang baik ??? Matilah saya, sudah membahas yang seharusnya bukan bidang saya....., maaf ya kalau ada yang tersinggung...Just thinking karena sempat baca postingan.....
 Ini oleh-oleh dari saudara saya yang baru pulang umroh kemarin......makasih banyak...










  1. ddd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar